Menu Tutup

Emiliano Sala: Cardiff City menggugat agen sepak bola Willie McKay lima tahun setelah bencana pesawat

Emiliano Sala: Cardiff City menggugat agen sepak bola Willie McKay lima tahun setelah bencana pesawat

Emiliano Sala meninggal secara tragis setelah pesawat pribadinya jatuh di Selat Inggris pada tahun 2019; dia dijadwalkan menyelesaikan kepindahan rekor klub ke Cardiff dari Nantes pada bulan Januari tahun itu; Cardiff menggugat agen Willie McKay untuk mendapatkan informasi tentang keterlibatannya dalam transfer tersebut

Sala dijadwalkan menyelesaikan kepindahan rekor klub ke Cardiff dari Nantes selama jendela transfer Januari tahun itu tetapi meninggal secara tragis setelah pesawat pribadinya jatuh di Selat Inggris.

Sky Sports News sebelumnya melaporkan bahwa McKay dan putranya mengatur pesawat pribadi untuk Sala.

Pada Juni 2023, Cardiff meluncurkan proses hukum terhadap Nantes di Prancis, di mana mereka meminta ganti rugi atas transfer tersebut.

Menurut sumber yang dekat dengan kasus tersebut, Cardiff juga berpendapat bahwa mereka akan terhindar dari degradasi jika Sala bermain untuk klub tersebut dan meminta ganti rugi atas hilangnya pendapatan dari degradasi.

Sebagai bagian dari proses di Prancis, Nantes mengklaim bahwa McKay tidak terlibat dalam transfer tersebut, yang disengketakan oleh Cardiff.

Sky Sports News memahami bahwa Cardiff telah mengajukan litigasi terhadap McKay di pengadilan Inggris untuk memastikan keterlibatan sebenarnya McKay dalam transfer tersebut, dengan sumber menambahkan bahwa pengaturan penerbangan tersebut terjadi saat Sala masih dipekerjakan oleh Nantes.

Menurut dokumen pengadilan yang dilihat oleh Sky Sports News, Cardiff mengklaim bahwa McKay bukan agen terdaftar pada tahun 2019 tetapi dia “sering berdiskusi mengenai ketentuan transfer dan Franck Kita (CEO FC Nantes) meneruskan negosiasi transfer rahasia kepada Willie McKay”.

Dokumen juga menambahkan bahwa McKay mengatur pesawat pribadi Sala dan Cardiff mengklaim bahwa McKay, yang bertindak sebagai agen Nantes, mengatur penerbangan tersebut dengan lalai. Setelah kematian Sala, diketahui bahwa penerbangan tersebut melanggar hukum dan operatornya, David Henderson, tidak memiliki lisensi yang diperlukan.

Kasus ini akan disidangkan di Cardiff pada bulan Februari.

Cardiff City mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Sky Sports News: “Sampai saat ini, FC Nantes dan Willie McKay belum diperintahkan untuk mengungkapkan informasi apapun mengenai transfer tersebut.

“CCFC menganggapnya hanya dalam keadaan untuk mencari informasi seputar keterlibatan Willie McKay dengan FC Nantes sehubungan dengan transfer tersebut. Tuntutan CCFC akan disidangkan di Pengadilan Sipil Cardiff pada Kamis 8 Februari.

“Secara paralel, klub juga mengikuti dakwaan FC Nantes oleh polisi Prancis atas tindakan berulang kali, setidaknya sejak tahun 2015, dalam mempekerjakan agen olahraga tidak sah dengan membuat kontrak agen olahraga dan kontrak kerja pemain di bawah kedok nominasi, mengingat hal ini sejalan dengan tuduhan yang diajukan oleh CCFC dalam tuntutan perdata terhadap FC Nantes.”